Senin, 27 Oktober 2008

Pendekatan Kooperatif



PERKULIAHAN INOVASI PEMBELAJARAN:

Untuk mahsiswa S2 Dikdas Unnes, S2 Prodi IPA Unnes dan S2 PAI IAIN

PENDEKATAN BERBASIS KOMPETENSI

Pada unit ini,Anda diajak untuk menelaah pendekatan berbasis kompetensi. Anda akan diajak mengaplikasikan pendekatan berbasis kompetensi dalam praktek pembelajaran. Kompetensi dalam konteks pembelajaran dapat diartikan sebagai kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa yang berupa pengetahuan, keterampilan, dan sikap,yang terefleksikan dalam pola pikir dan bertindak. Dengan demikian sebuah proses pembelajaran diharapkan dapat mencapai kemampuan secara utuh dalam segi kognitif, afektif, dan psikomotor, yang dapat bermanfaat bagi kehidupan siswa masa kini dan masa yang akan datang. Pendekatan berbasis kompetensi diantaranya

PAKEM, CTL, Tematik, Numbered Heads Together, Cooperative Script (Skrip Kooperatif), Student Teams-Achievement Division (Tim Siswa Kelompok Prestasi), dan Kooperatif Jigsaw (Model Tim Ahli), SETS dll

Pada pertemuan kali ini,Anda diharapkan memahami dan mengaplikasikan pendekatan Cooperatif Script dan Cooperatif Jigsaw (Model Tim Ahli)

pada pembelajaran

Cooperative Script (Skrip Kooperatif)

Skrip Kooperatif: Siswa bekerja secara berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan bagian-bagian materi yang dipelajari.

Langkah-langkah:

1. Guru membagi siswa untuk berpasangan

2. Guru membagi materi kepada setiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan

3. Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa

sebagai pendengar

4. Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin dengan memasukkan ide-

ide pokok dalam ringkasannya

5. Pendengar menyimak/mengoreksi dan menambahkan ide-ide pokok materi lain yang

relevan

6. Bertukar peran antara pembicara dan pendengar

7. Kesimpulan

Cooperatif Jigsaw (Model Tim Ahli)

1. Siswa dikelompokkan dengan anggota 4-6 orang

2. Tiap orang dalam tim diberi materi dan tugas yang berbeda

3. Anggota dari tim yang berbeda dengan penugasan yang sama membentuk kelompok

baru (kelompok ahli)

4. Setelah kelompok ahli berdiskusi, tiap anggota kembali ke kelompok asal dan

menjelaskan kepada anggota kelompok tentang sub-bab yang mereka kuasai

5. Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi

6. Pembahasan

7. Penutup

TUGAS ANDA

Buatlah RPP dengan menggunakan pendekatan Cooperative Script (Skrip Kooperatif)

atau Cooperatif Jigsaw (Model Tim Ahli) untuk satu Kompetensi Dasar sesuai dengan mata pelajaran yang Anda ampu.

Tidak ada komentar: